Skip to content

KATUPEK PITALAH


 

Lontong sayur atau kupat sayur adalah makanan yang populer atau mudah ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Pun demikian pula adanya di daerah Sumatera Barat. Karenanya ketupat sayur dengan mudah ditemui. Karena alasan itulah, awalnya saya merasa biasa saja saat diajak untuk mencoba ketupat sayur . Maklum, saya sudah sering makan ketupat sayur baik di Padang, maupun di daerah lain. Paling rasanya ya gitu-gitu aja, begitu awalnya pikir saya. Tapi berhubung pagi itu tidak ada yang bisa dimakan untuk sarapan, maka orang tua saya mengajak untuk pergi membeli ketupat sayur. Demi memenuhi keinginan mengisi perut yang sudah lapar, saya akhirnya menurut saja ketika diajak membeli ketupat sayur. Saya dibawa ke sebuah warung kecil di dekat pantai Padang. Katupek Pitalah namanya. Orang Padang memang menyebut ketupat dengan katupek.

Saat saya tiba, sudah banyak pembeli yang datang. Beberapa pembeli terlihat antri untuk membeli. Bangku-bangku yang ada di warung juga hampir semuanya terisi. Artinya banyak juga pembeli yang langsung makan di tempat. Warung Katupek Pitalah ini sebenarnya sebuah warung kecil sederhana. Dindingnya dari kayu. Selain menjual ketupat sayur, terdapat pula warung kebutuhan sehari-hari dan warung voucher isi ulang telpon selular. Selain ketupat sayur dijual pula kerupuk jangek, keripik lado, dan sala lauak. Sala lauak adalah makanan khas dari Pariaman, daerah pesisir di pantai barat Sumatera Barat. Bentuknya bulat, mirip perkedel namun sedikit lebih keras, dan dibuat dari ikan yang dihaluskan. Enak disantap saat masih hangat.

Saat mencoba Katupek Pitalah ini, barulah saya mengerti mengapa Katupek Pitalah ini dianggap istimewa. Tekstur ketupatnya mulus dan halus sekali, seperti tekstur sabun. Rasa kuahnya lah yang membuat ketupat ini menjadi istimewa. Rasa kuahnya enak sekali, lain dengan kuah ketupat dari lontong atau ketupat sayur yang pernah saya coba. Kuahnya tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer. Padahal kuah Katupek Pitalah hanya berisi sayur nangka dan dicampur dengan rebung. Dari berbagai lontong/ketupat sayur yang pernah saya coba, Katupek Pitalah adalah ketupat sayur paling enak, paling istimewa.

Bagi anda yang doyan ketupat sayur dan mungkin sedang berada di Padang, maka datanglah ke warung Katupek Pitalah yang terletak di Jalan Purus III. Jika kita dari Jalan Juanda menuju ke arah kota, maka beloklah ke kanan masuk ke Jalan Purus III kearah menu Pantai Padang. Letaknya di sebelah kiri sekitar 300 meter sebelum Pantai Padang. Dengan harga sekitar Rp3500 per porsi, dijamin anda tak akan kecewa. Jika ingin kebagian datanglah sebelum jam 10 pagi. Lebih dari jam 10, bisa jadi anda kecewa karena kehabisan. Selamat mencoba.

 

Banyumanik, 10 Januari 2009

One Comment leave one →
  1. ridawanil fadhli permalink
    April 19, 2010 8:40 am

    yup memang benar enak,,,,,,,,,,,,,,,
    ayuk mampir rame……….
    dan juga bagi perantau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: