Skip to content

TENTANG WAKTU

Desember 29, 2012

Big BenSelalu tidak mudah memulai sesuatu yang sudah lama tidak dilakukan, sesuatu yang sudah lama vakum. Hal yang sama saya alami saat memulai tulisan ini. Ada perasaan canggung saat memulai tulisan ini. Tak terasa sudah tujuh bulan lebih saya tidak menulis. Hmm…waktu berjalan cepat tanpa terasa.

Dan pekerjaan telah membenamkan saya pada kehilangan motivasi untuk menulis. Saya jadi mengingat-ingat kembali apa yang terjadi dalam tujuh bulan terakhir. Lebih tepatnya dalam dalam satu tahun terakhir. Tahun penuh perjuangan yang teramat berat. Berat menghadapi semua dinamika, perubahan, situasi, masalah, dan tantangan yang dihadapi. Banyak perubahan yang terjadi. Ijinkan saya mengingat dan berbagi apa yang terjadi dalam satu tahun terakhir.

Tentang pekerjaan? Beban pekerjaan sedemikian berat. Berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya. Waktu sedemikian banyak tersita. Pikiran, tenaga, dan emosi sedemikian besar tercurah. Sungguh saya tak pernah menyangka menghadapi ini semua. Namun tekad sudah bulat. Keputusan sudah diambil. Sekali melangkah, pantang langkah surut ke belakang. Saya berdoa, semoga saya mampu melalui semua ini dengan baik. Kepada Sang Kuasa-lah saya serahkan semuanya. Apalah arti kuasa manusia dibanding kuasa  Sang Maha Kuasa, si penguasa jagad. Waktu bisa membuat manusia berkuasa dan hilang kuasa.

Tentang rekan kerja? Mereka orang-orang yang banyak membantu saya. Waktu membuat perubahan. Yang dulu rambutnya subur, sekarang mulai menipis, mulai botak. Yang dulu rambutnya hitam, sekarang “tiba-tiba” banyak putihnya. Saya sebut “tiba-tiba” karena mungkin saya saja yang tidak sadar. Rambut putih itu entah disebabkan beban pekerjaan, masalah rumah tangga, atau memang karena umurnya yang semakin tua. Waktu membuat manusia jadi tua.

Dari hasil mengingat-ingat itu, beberapa rekan kerja telah berpulang ke Si Pemberi Nyawa entah karena sakit, kecelakaan, tewas tenggelam, bahkan bunuh diri. Kematian itu rahasia Tuhan. Hanya Tuhan yang tahu kapan dan bagaimana kita berpulang. Waktu akan menjawab itu semua. Waktu membuat manusia ada dan tiada.

Tentang teman? Waktu berjalan tak terasa. Banyak perubahan yang terjadi. Yang dulu single, sekarang sudah menikah. Yang menikah ada yang berpisah, lalu menikah lagi. Saya berdoa semoga tidak pisah lagi. Yang dulu biasa saja, sekarang sudah sukses. Lebih bergaya, lebih modis, dan wangi. Ada yang dulu bergaya, sekarang sedang jatuh. Saya berdoa semoga mereka bisa bangkit lagi, kembali berjaya dan bergaya. Waktu memutar nasib manusia ada di atas dan di bawah.

Tentang saya? Waktu mengajarkan saya bahwa keyakinan, determinasi, konsistensi akan menghasilkan sesuatu. That’s what I see now. Selalu ada kemudahan dari suatu kesulitan. Terima kasih kepada semua orang-orang di sekeliling saya yang selalu membantu saya; teman, rekan kerja, keluarga. Waktu mengajari saya nikmatnya menjadi bahagia. Feel happy adalah momen yang didambakan. Dan memberikan kebahagian buat keluarga adalah kebahagiaan terbesar saya. Waktu mengubah orientasi manusia dalam berpikir, bertindak, dan menjalani hidup.

Tentang anda? Ah…saya yakin anda juga punya pengalaman seru, sedih, menarik, mengagumkan, mendebarkan yang terjadi sepanjang tahun ini. Tak ada salah pula jika ingin berbagi cerita dan pengalaman. Pengalaman adalah sejarah. Sejarah adalah pelajaran untuk ke depan. Pelajaran bagi manusia, si pelaku dan pencipta sejarah. Sejarah yang tercipta oleh guliran waktu yang tak pernah berhenti. Waktu menciptakan sejarah.

Tentang waktu? Jika percaya bahwa ada alam lain selain alam fana ini, bersiaplah dari sekarang. Waktu tak pernah menunggu.

Selamat Tahun Baru. Selamat menghargai waktu.

 

Mangkang, 28 Desember 2012.

7 Komentar leave one →
  1. ratna permalink
    Desember 31, 2012 11:00 am

    No one perfect, there is a win and loose, up and down, happy and sad but the most important than all of that is a be good person everday….Happy New Year pak,…success for u.

  2. Januari 10, 2013 9:03 am

    Mas, blog’nya keren dan menginspirasi sekalii🙂
    Ngomong2 asli Semarang yahh?? hehee

  3. tutut widiastuti permalink
    Juli 30, 2013 10:40 am

    betul kata rawit kemarin waktu BBM an sama aku fad, Fadhly kalau nulis tu “so sweet” 🙂 he he
    dan pastinya selalu inspiratif..
    selalu aku tunggu tulisannya ya fad, jangan lama-lama absennya ..🙂

  4. Februari 19, 2014 9:12 am

    itulah hidup..

Tinggalkan Balasan

