Skip to content

SURPRISING MOMENT? BE READY….

Mei 6, 2012

Banyak hal yang tidak seluruhnya bisa dimengerti. Bahkan antar sesama manusia sendiri, sulit untuk bisa mengerti satu sama lain. Termasuk atas apa saya alami belum lama ini.

Saya heran bukan kepalang, saat Tom memilih kebun binatang. Saya, James, dan Tom ada di Dai Nam Wonderland. Tom adalah orang Vietnam yang membantu saya mengunjungi pabrik-pabrik di Vietnam. Sedangkan James yang membantu saya menterjemahkan bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia. Tom tak bisa berbahasa Inggris tapi bisa berbahasa Mandarin.

Ceritanya, Tom mengajak saya jalan-jalan di hari Sabtu setelah 4 hari berturut-turut keluar-masuk pabrik. Dai Nam Wonderland adalah wahana rekreasi besar dengan luas 300 hektar di Binh Duong, Vietnam. Ada banyak wahana menarik untuk dikunjungi; roller coaster, Kim Dien Golden Temple, Dai Nam Beach, dan lainnya. Dan saya tak habis pikir, mengapa kebun binatang yang harus dipilih oleh Tom. Padahal kami adalah para “bujang” yang di kepala saya ini, aneh rasanya ke kebun binatang kalau tak membawa anak kecil. Ditambah lagi masuknya harus bayar karcis VND 60,000. Saya sudah ingatkan Tom,”Tak usahlah, lihat yang lain saja!” /“No problem!” jawabnya mantap.

Dan terpaksalah saya masuk zoo. Baru saja masuk, kembali saya yang terheran-heran. James tiba-tiba berhenti di depan kuda. Saya pikir dia mau naik kuda. Bayarnya VND 10,000. Murah bener, pikir saya. Tak dinyana, itu adalah tarif untuk berphoto di atas kuda. Saat James sudah di atas kuda, penjaganya memberinya pistol mainan agar ia bergaya bak koboi. Dan memang itulah niat James, ia ingin di-photo di atas kuda! Tom dengan sigap menjepret dengan hand phone-nya. Saya terpingkal-pingkal melihat kejutan tak terduga ini. Entah apa yang ada yang ada di pikiran dua orang ini. Tom sudah cukup mengagetkan karena ngebet ke kebun binatang. James lebih-lebih lagi. Mungkin dulu waktu kecil, tak sempat dia berphoto seperti itu. Hmm…what a surprising moment!

Dan kami pun berkeliling melihat binatang dalam kandang atau sangkar. Tak ada yang unik karena binatang yang ada sudah pernah saya lihat. Daripada bosan, sekali-dua saya ambil photo binatang. Di sebuah panggung pertunjukkan, Tom memberi isyarat berhenti. Aduh, apalagi ini. Cukuplah sudah saya tertekan dengan irama kerja 3 bulan terakhir. Di Vietnam, saya ingin bersantai sejenak tanpa tekanan. Karenanya saya ingin cepat-cepat pergi dari zoo ini!

Tapi Tom punya rencana lain. Dengan santai Tom duduk. Pertunjukan ketangkasan binatang. Demi menghargai orang lain, saya paksakan melihat pertunjukan. Saya ini khan diajak, tak eloklah mau enaknya sendiri.

Acara dimulai. Seekor burung bisa menebak bola yang ditutup mangkok padahal 3 mangkok tersebut sudah diputar-putar acak. Burung itu juga bisa menebak satu kartu yang dipilih dan dikocok ulang. Burung memilih kartu dalam keadaan tertutup dan benar! Setiap kali berhasil beraksi, si pelatih selalu memberi makanan sebagai hadiah. Sebuah bentuk penghargaan atas keberhasilan. Dan saya bertepuk tangan demi menghargai para pelatih dan binatang itu. Dalam pertunjukan, tepuk tangan adalah sebuah penghargaan. Dan apa susahnya bertepuk tangan? Bertepuk tanganlah untuk menghargai.

Maka segala surprising moment yang saya dapat hari itu adalah surprising moment untuk belajar menghargai. Always learn to respect others. How you respect people, that’s the way people respect you.

Pelajaran lain, selalu ada hal-hal di luar kontrol kita yang bisa terjadi. We must always make a plan. That’s good. But life is not always as our plan. Tidak semata-mata menghindari atau mengantisipasi tapi bagaimana bersikap dan menghadapi seandainya segala hal yang tidak diinginkan terjadi.

Life is not flat. Life is dynamic. Be ready….

 

Kuala Lumpur, 22  April, 2012

2 Komentar leave one →
  1. Muji Rahayu permalink
    Juni 21, 2012 12:09 pm

    yes i agree…life is not flat, life is dynamic.Be ready….

Tinggalkan Balasan

