Skip to content

HOW ARE YOU? WHAT CAN I DO FOR YOU TODAY?

Oktober 1, 2011

Di Twitter, saya menerima tweet yang bunyinya begini;

Sy bingung, NKRI dknal negara ramah, tp kl papasan dgn org ga knal ga snyum. Di USA, saling snyum & blg “hi” / “morning”..

by blog.abn.org.au

Pengirimnya Billy Boen. Kalimat pertama, saya rasa bisa diperdebatkan. Tapi saya tidak fokus pada kalimat tersebut. Saya justru tertarik dengan kata terakhir, “hi”. Tentang sapa-menyapa.

Saya sendiri, saat di Amerika, punya pengalaman kala kerap saya disapa dengan kata “morning”, atau “hello” atau “how are you” walau oleh orang yang tidak saya kenal. Hal yang sama juga dilakukan oleh para expat yang datang ke tempat saya bekerja baik yang sekedar berkunjung atau bekerja. Walau tidak semua, tapi saya bisa bilang para bule itu cukup senang bersay hello.

Membaca tweet tersebut saya jadi ingat mantan atasan saya.

Saya pernah punya atasan. Expat, cukup senior. Pengalaman kerjanya saja lebih lama daripada jumlah umur saya saat ini. Bisa dibayangkan betapa senior-nya dia dari saya. Selama bekerja bareng si atasan ini, selain ia berbagi pengalaman professional, ia juga suka berbagi pengalaman hidup. Menurut saya dua pengalaman ini sama pentingnya dan saling terkait antara keduanya. Kalau sedang bercerita, si atasan suka nggak sadar kalau ia sudah berbicara panjang lebar. Sekali-dua, saya kadang suka menghindar bertemu dengannya terutama saat saya lagi sibuk dan banyak hal yang harus dilakukan saat itu. Tapi kalau lagi agak senggang, saya justru enjoy mendengar cerita dan pengalamannya.

Satu hal yang menonjol dari si atasan ini adalah, kebiasaannya menyapa orang. Biasanya ia bilang, “How are you today?” Bisa pagi, siang, atau sore. Kebiasaan menyapa ini tidak hanya ditujukan pada saya atau para staf bahkan kepada para operator yang ada di shop floor. Khusus bagi para operator, awalnya mereka agak bingung juga. Tapi walaupun bingung, satu hal yang saya tangkap dari ekspresi para operator itu adalah mereka senang. Senang karena disapa oleh atasan yang lebih tinggi posisinya. Mungkin karena mereka jadi merasa dihargai. Jadi setiap kali si atasan ini ada di shop floor, mereka biasanya sudah bersiap untuk disapa sambil pasang wajah ceria. Bahkan beberapa di antara mereka malah akhirnya mendahului menyapa langsung si atasan, “Halo mister, ho a yu?” Maksudnya, how are you? Tapi si atasan ngerti kok. Toh, esensi dari komunikasi yang penting bisa dipahami. Jadi walau bahasanya salah, that’s no problem. Yang penting mudeng dan nyambung.

Kembali ke bekas atasan saya tadi, hal lain yang buat saya terkesan adalah pertanyaan yang sering dia ajukan di ujung pembicaraan, yaitu what can I do for you today? Saat saya tanya mengapa ia sering mengajukan pertanyaan ini, jawabannya karena fungsi atasan adalah membantu. Permasalahan atau problem kerja harus diselesaikan sendiri oleh karyawan. Karyawan harus mandiri untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jika sudah mentok, barulah karyawan boleh meminta bantuan pada atasannya. Pertanyaan what can I do for you today? adalah bentuk tindakan proaktif dari seorang atasan dalam melakukan fungsi problem solving. Jika jawabannya no, thanks…, maka ia tahu kalau hari itu karyawannya bisa mandiri menyelesaikan masalahnya. Jika jawabanya I need…bla…bla…, maka saat itulah atasan harus membantu persoalan karyawannya.

Maka saya, belajar dua hal. Pertama, belajar lebih sering menyapa karena menyapa adalah cara membuat orang lain lebih dihargai. Kedua, belajar lebih perhatian. Tak hanya minta dibantu tapi juga harus sering membantu. Tak hanya minta dilayani, tapi juga harus sering melayani.

Jadi tak perlu ragu tersenyum dan tak perlu sungkan untuk bilang, “How are you? What can I do for you today?”

 

Mangkang, 30 September 2011

2 Komentar leave one →
  1. November 26, 2011 10:50 pm

    kalimat terakhir ini mengingatkan aku sama sapaan salah satu hotel bintang 5 disini..kayanya si baru mulai minggu ini..karena biasanya kalo telpon ke resepsionisnya si..kalimatnya bukan gitu heheh..

    setuju dengan 2 paragraph terakhir🙂

Tinggalkan Balasan

