Skip to content

MAAFKAN SAYA….

Agustus 27, 2011
tags:

by elderhepworth.blogspot.com

“Sebulan lamanya kita berpisah, sebulan pula usia kita bertambah,” demikan kalimat yang diucapkan Koes Hendratmo setiap kali membuka acara Berpacu dalam Melody. Kata-kata yang jika diresapi benar-benar punya arti dalam bahwa waktu terus berputar dan takkan kembali.

Maafkan saya, jika ada dari Anda yang belum pernah menonton acara ini. Atau mungkin belum lahir saat acara tersebut disiarkan oleh TVRI. Setidaknya pengetahuan saya tentang Berpacu dalam Melody bisa menunjukkan rentang waktu kehidupan saya yang di sisi lain berarti semakin sedikit sisa waktu yang tersisa dalam kehidupan ini. Setidaknya itu bisa mengingatkan saya untuk banyak-banyak beramal agar bisa melewati shirathal mustaqim dengan sukses menuju jannah.

Maafkan saya, jika selama muncul di blog ini ada artikel, kalimat, atau kata yang kurang berkenan bagi Anda. Saya cuma penulis otodidak. Bekal saya menulis cuma pelajaran Bahasa Indonesia yang saat kelas 6 SD diajar oleh guru yang strength dan telitinya minta ampun. Kurang satu tanda baca titik pun pasti dianggap salah! Penghargaan saya kepada guru Bahasa Indonesia yang selalu mengajarkan kerangka karangan saat pelajaran mengarang. Pelajaran yang dulu tidak saya suka namun selalu mendapat nilai bagus. Kepada Bu Alidar, terima kasih saya atas segala didikan ibu kepada saya.

Maafkan saya, jika artikel yang saya posting tidak menarik dan kurang bermutu buat Anda. Mungkin waktu Anda menjadi terbuang percuma karenanya. Jika Wisnu Nugroho, penulis terkenal yang telah menerbitkan 5 buku tentang seputar istana saja menganggap tulisannya tidak penting, apalagi artikel saya, yang penulisnya tidak terkenal. Niat saya hanya ingin berbagi. Barangkali Anda bisa mendapat secuil manfaat dari artikel-artikel saya. Syukur-syukur kalau Anda mendapat sebongkah manfaat.

Maafkan saya, khususnya kepada yang menginspirasi tulisan-tulisan saya. Saya mungkin tidak meminta ijin untuk itu. Artikel saya kebanyakan diinspirasi oleh pengamatan dan perasaan saya di lingkungan sekitar, entah itu kejadian baik ataupun kejadian buruk. Bagi Anda yang menginspirasi saya karena kejadian buruk, bisa saja Anda kurang berkenan walaupun saya sudah sebisa mungkin mensamarkannya dalam tulisan.

Maafkan saya, jika ada komentar yang telat direspon. Atau jika ada komentar yang tidak termuat. Sepanjang blog ini muncul, hanya ada 1 komentar yang tidak saya munculkan. Blog ini adalah blog tanpa moderasi. Semua komentar bisa masuk tanpa sensor. Silahkan memberikan komentar secara bebas. Bahkan komentar lugas, pedas, atau nyelikit tentang diri saya, pasti tidak akan saya sensor. Satu-satunya komentar yang saya hold karena berkomentar tentang institusi bukan tentang saya.

Maafkan saya, jika saya tak secara teratur memposting artikel. Khusus tulisan ini, saya tulis 3 bulan sebelum Lebaran. Saat itu saya terbangun dari tidur dan tiba-tiba merasa punya beban terhadap segala kesalahan sehingga mengharuskan meminta maaf. Maka muncullah tulisan ini. Saya tulis segera karena takut keburu lupa.

Maafkan saya, kepada seluruh karyawan di divisi saya jika saya masih banyak kekurangan dalam memimpin. Juga kepada keluarga yang sering saya ambil jatah waktu senggangnya untuk keperluan lain. Entah itu untuk keperluan kantor, keperluan pribadi, atau untuk menulis artikel. Saya memang masih harus banyak belajar untuk jadi pemimpin yang adil. Maka sungguh hebat mereka yang berpoligami. Semoga mereka-mereka itu benar-benar mampu bersikap adil.

Maafkan saya, jika saya terlalu banyak meminta maaf. Saya sadar hidup ini ada batasnya. Meminta maaf adalah cara mengurangi dosa. Saya harus mengumpulkan banyak amal dengan dosa seminim mungkin sebagai bekal saya sebelum ajal datang menjemput. Membuka pintu maaf adalah cara menambah amal.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Mohon maaf lahir dan bathin

 

Banyumanik, 3 Juni 2011

No comments yet

Tinggalkan Balasan

