Skip to content

YOUR IDEA, YOUR SOLUTION

Mei 26, 2011

picture taken from cgormanglobal.com

Sejarah adalah masa lalu. Banyak yang terjadi di masa lalu, banyak pula yang bisa dipelajari. Petikan kisah singkat berikut mungkin bisa menstimulasi, memberikan ide, dan menginspirasi.

***

Raja Cambyses adalah Raja Persia yang hidup di abad 6 SM. Ia pun berniat menguasai Mesir dan mengirim pasukan perangnya menyerbu Mesir. Dalam perjalanan menuju Mesir, Cambyses melintasi Memphis,kota yang kaya raya. Naluri kekuasaannya ingin menguasai Memphis. Pasukannya pun menyerbu Memphis. Segala taktik dan strategi perang diterapkan untuk menguasai kota itu. Berbulan-bulan namun selalu gagal. Kota ini terlalu kuat untuk ditaklukkan. Pasukannya lelah dan frustasi. Persediaan makanan sudah menipis.

Cambyses berpikir keras memutar otak. Ia pergi merenungkan diri. Sekembali dari perenungannya, Cambyses datang dengan sebuah ide. Ia perintahkan pasukannya menangkap semua kucing yang ada di kota itu. Pasukannya bingung. Demi ketaatan kepada rajanya, mereka menangkapi sebanyak mungkin kucing. Setelah kucing-kucing itu terkumpul, Cambyses menginstruksikan idenya, menyerang Memphis dengan kucing!

Dengan ketapel, kucing-kucing itu dilontarkan melewati tembok kota Memphis. Kucing-kucing pasrah itu akhirnya jatuh ke kota Memphis dan mati. Begitu banyak kucing yang mati di jalanan. Setelah beberapa lama, tembok gerbang Memphis dibuka. Memphis menyerah!

Bingung? Rakyat Memphis sangat memuja kucing. Menyakiti kucing sama saja membuat dewa marah. Lebih baik menyerah daripada dewa marah dan mengutuk mereka. Berkat ide cemerlang Cambyses, Memphis berhasil dikuasai dalam beberapa jam padahal sebelumnya sudah berbulan-bulan pasukannya menyerang namun selalu gagal. Ide sederhana namun menakjubkan.

***

Saat menjabat Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) ditugasi membeli mobil dinas menteri. Mobil dinas lama, Volvo, sudah usang. Direktur Toyota Astra Motor saat itu, Johny Darmawan dipanggil. JK bertanya sedan apa yang handal namun tidak terlalu mewah. Johny Darmawan merekomendasikan Toyota Camry. Harganya 425 juta saat itu.

Langsung ditawar JK. Dia ingin beli 40 unit dengan harga 275 juta. Harga itu terlalu murah bagi Johny. Tapi JK punya alasan lain. “Anggap saja selisih harga tersebut sebagai biaya iklan”, jawab JK. Mobil dinas menteri selalu dikawal patwal. Kadang pakai sirene. Pasti menarik perhatian orang di jalan untuk memandang. Menteri bertugas 5 tahun. Selama 5 tahun Camry akan dipakai terus oleh menteri. Artinya, 5 tahun adalah periode beriklan gratis bagi Camry. Mobil dinas Camry pasti tersorot oleh media massa dan kamera TV selama 5 tahun. Pimpinan lembaga negara lain juga akan menggunakan Camry. Mungkin juga Gubernur dan pejabat daerah. Astra tidak perlu bayar iklan untuk hal ini selama 5 tahun, demikian penjelasan JK.

Astra akhirnya setuju. Untuk pertama kalinya mobil dinas menteri bukan Volvo, tapi Toyota. Dengan ide nyelenehnya, JK berhasil mendapatkan Toyota Camry 150 juta lebih murah dari harga pasar!

***

Dalam acara di satu stasiun TV, Direktur PLN, Dahlan Iskan menginstruksikan untuk Puasa Perjalanan Dinas kepada semua jajarannya selama bulan Mei 2011. Dengan alasan apapun, tidak diperkenankan melakukan perjalanan dinas di bulan Mei. Berkat kecanggihan teknologi, masalah bisa diselesaikan tanpa harus hadir secara fisik. Instruksi itu akan mengukur seberapa kuat ketangguhan organisasinya dan seberapa bagus sistem pendelegasian tugas di organisasinya.

Disebutkan, ada 28 ribu perjalanan dinas setiap bulannya. Saya ambil kalkulator. Anggaplah 1 kali perjalanan dinas menghabiskan 1,5 juta untuk transportasi, hotel, dan uang saku. Jika dikali 28 ribu, total uang yang bisa dihemat 42 milyar! Ide sederhana tapi bisa membuat penghematan luar biasa. Fantatis!

***

Ide tidak muncul dengan sendirinya. Tidakkan muncul jika kita tidak memikirkannya. So, keep thinking. Don’t give up getting the way out. Solution would be found only by the one who thinks!

 

Mangkang, 25 May 2011

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: