Skip to content

YOU ARE CUSTOMIZED. BE PROUD!

Mei 18, 2011
tags:

Dan Brown

Sekitar 2 tahun lalu, Dan Brown, penulis buku best seller The Da Vinci Code dan The Lost Symbol pernah memesan produk ke perusahaan tempat saya bekerja yang memang mempunyai program yang menawarkan customized product bagi konsumennya.

Yang dimaksud dengan customized product adalah konsumen bisa memilih sendiri produk yang mereka inginkan. Tidak itu saja, mereka bisa memilih jenis finishing yang mereka mau. Bisa suka-suka memilih bahan upholstery yang mereka inginkan. Mau pakai fabric silahkan, mau pakai leather juga silahkan. Mau pilih fabric jenis A, B, C monggo atau mau pilih leather jenis X, Y, Z juga monggo. Pokoknya benar-benar customized. Tujuannya, biar produk yang mereka order tidak ada yang nyamai. Tidak seperti produk yang diproduksi massal, customized product is designed special for you!

Sifat dasar manusia itu memang nggak pernah puas. Orang yang punya uang pas-pasan, dia sudah bersyukur jika bisa makan. Orang yang punya sedikit uang, ia butuh meja dan kursi untuk makan. Orang yang punya uang, tidak sekedar butuh meja kursi, tapi mereka butuh meja-kursi yang nyaman. Orang yang punya banyak uang, tidak cukup meja-kursi yang nyaman tapi harus berkualitas dan mahal. Orang yang berlimpah uang, mahal saja tidak cukup. Mereka tidak ingin meja-kursinya disamakan dengan orang lain. Mereka ingin produk yang didesain dan dimiliki hanya oleh mereka saja.  Itulah segmen customized product. Buat memenuhi personal needs orang-orang yang kelebihan uang!

Sebagai penulis terkenal, saya yakin Dan Brown masuk dalam katergori ini. Kategori orang yang kelebihan uang. Bagi orang dalam kategori ini, uang tidak lagi untuk sekedar memenuhi basic needs. Mereka ingin memuaskan keinginan hidupnya walau harus membayar mahal (setidaknya bagi ukuran sebagian orang). Demi menekankan unsur customized, di setiap produk yang dipesannya, tertempel tag dari kayu yang bertuliskan ukiran tanda tangan dari Dan Brown. He is the only one who has those products in the world!

Karena customized product ditujukan untuk orang special dengan kebutuhan special, maka harga customized product juga special. Jika produk lain dijual dengan harga premium price, customized product dijual dengan harga platinum price. Delivery-nya juga special. Produk ini harus sampai ke tangan customer tepat waktu dan jika terlambat, perusahaan pembuatnya akan dikenakan denda yang dihitung per hari. Jadi jika terlambatnya makin lama, makin besar pula dendanya.

Ngomong-ngomong tentang customized product, saya jadi ingat kita-kita ini. Makhluk yang disebut manusia. Yang derajatnya paling tinggi di muka bumi. Bukankah kita juga termasuk dari customized product? Manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Ada yang hitam, putih, merah, kuning. Ada yang tinggi, ada yang pendek. Ada pria, ada wanita. Ada yang emosional, meledak-ledak, ada yang sabar. Ada yang norak, ada yang kalem. Bukankah itu semua menunjukkan kalau manusia itu sangat customized dan tidak sama? Lihat saja rupa wajah kita, tidak sama khan? Kalau pun ada yang kembar, toh tetap ada pembedanya. Bukankah itu menunjukkan kalau manusia itu customized product?

Kalau memang manusia adalah customized, so what? Itu berarti, manusia itu produk berharga yang tidak saja mahal, tapi malah tak ternilai. Yakinlah, seperti halnya customized product yang dipesan oleh Dan Brown, setiap manusia mempunyai kelebihan dan kemampuan yang mampu dibanggakan. Bukankah Tuhan telah menciptakan manusia itu dengan sebaik-baik bentuk? So, find and explore your capability. Be proud of yourself because you are customized!

 

Banyumanik, 17 May 2011

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: