Skip to content

KITA HIDUP, KITA MEMILIH, KITA MEMUTUSKAN

April 25, 2011

picture taken from ineedmotivation.com

Tahun 1989, Hermawan Kartajaya memutuskan mundur dari jabatan Direktur Distribusi PT H.M. Sampoerna. Ia tinggalkan jabatan mentereng dan mapan itu demi mendirikan konsultan pemasaran bernama MarkPlus. Banyak yang mempertanyakan keputusan Hermawan untuk mundur meninggalkan jabatan, kedudukan, dan fasilitas yang ia miliki saat itu. Banyak yang tertawa saat ia ingin mendirikan marketing consultant. Saat itu, siapa yang percaya marketing bisa dijual di Indonesia.  Apa bisa survive? Atau apa ada yang mau jadi client? Seiring dengan waktu, usaha Hermawan Kartajaya me-redifinisi konsep marketing membuahkan hasil. MarkPlus menjadi marketing consultant ternama dan tetap survive hingga kini.

Kita tidak bisa memilih apakah akan dilahirkan atau tidak. Itu urusan Tuhan dan urusan orang tua kita. Kita tidak juga bisa memilih siapa orang tua kita. Itu juga urusan Tuhan dan urusan orang tua kita. Manusia juga tidak bisa memilih kapan dan di mana ia meninggal. Itu jelas urusan Tuhan. Tapi manusia ketika hidup ia akan dihadapkan pada banyak pilihan. Bukankah adanya surga dan neraka merupakan satu contoh kalau manusia itu harus memilih? Maka manusia harus menentukan pilihan. Untuk menentukan pilihan manusia harus membuat keputusan.

Keputusan terkait dengan periode waktu. Keputusan terkait dengan masa yang akan datang atau akan dilaluinya. Jika saya bicara masa depan, tidaklah harus untuk periode waktu yang panjang. 2 menit kemudian itu juga masa depan khan? Dan jika bicara masa depan, maka itu terkait dengan ketidakpastian. Siapa yang bisa tahu apa yang terjadi 1 tahun, 5 tahun, atau bahkan 20 tahun ke depan? Jika rentang waktu tersebut terlalu jauh, siapa tahu pasti apa yang terjadi beberapa jam atau beberapa menit ke depan?

Bagi orang seperti saya, yang tidak percaya pada paranormal, astrology, tukang ramal, dan dukun, tidak ada hal pasti tentang masa depan karena itu terkait dengan kuasa Tuhan dan keterbatasan manusia. Manusia hanya bisa memprediksi dan mempersiapkan dirinya untuk hal yang ingin dicapainya di masa depan. Tidak pula kita bisa katakan, matahari pasti terbit di timur esok hari. Siapa tahu besok kiamat dan matahari terbit di barat! Tak bisa pula kita tahu nasib kita esok yang mungkin membuat kita terkaget-kaget seperti halnya Briptu Norman Camaru yang mendadak terkenal seantero nusantara sehingga dirinya sendiri terkaget-kaget.

Selalu ada resiko dari setiap pilihan. Facing the risk is facing the reality. You can’t avoid it. Jikapun salah membuat keputusan, minimal kita bisa belajar dari kesalahan itu dan memperbaikinya. Every body makes a mistake. Of course, we don’t hope we always make mistakes. That’s why the important thing is how we learn from the mistake so we will not do the same mistake. Dengan usaha yang terus menerus dan kesabaran, waktu akan menjawab keputusan yang kita buat.

3 Maret 2011, saya mendapat jawaban atas keputusan yang saya buat lebih setahun yang lalu. Alhamdulillah, walau dulunya banyak yang mempertanyakan, saya merasa telah membuat keputusan yang tepat. Perlu waktu dan kesabaran untuk membuktikan semuanya. Mengulang kalimat saya ucapkan dulu, God will guide us on decision we made….

 

Banyumanik, 24 April 2011

8 Komentar leave one →
  1. Fadhil Ali permalink
    April 25, 2011 9:39 pm

    Beberapa bulan yang lalu saya mengambil keputusan penting untuk dilaksanakan pada beberapa bulan ke depan. Sayangnya hal itu sekarang agaknya bakal batal terlaksana. Saya tentu lumayan shock menerima kemungkinan yang bakal terjadi ini. Tapi kemudian saya sadar manusia hanya dapat berencana, Tuhan yang menetapkan. Saya ikhlaskan, apa yang akan terjadi, terjadilah. Alhamdulillah, saya masih berusaha untuk tetap berprasangka baik pada Tuhan. Amin. Toh, hal itu belum benar-benar terjadi bukan? And that’s right, God will guide us on decision we made… Semuanya sudah diatur, tidak ada yang kebetulan.

    • April 28, 2011 12:29 pm

      Insya allah bung Fadhil. Tuhan akan memberikan sesuatu sesuai kehendakNya dan sering kali tidak terduga.
      Be strong, be patient…

  2. Fransiska Ratna permalink
    April 30, 2011 11:19 am

    Karena keputusan saya kurang lebih 2 tahun yang lalu menjadikan saya pribadi yang lebih kuat, banyak dapat pelajaran, ditantang untuk lebih tanggung jawab dan dewasa. Dan betul apapun keputusan kita Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, selalu berjalan bersama membimbing….saat kita senang, sedih ataupun jatuh akibat keputusan itu. Kita akan menjadi manusia yang punya nilai bila berani memulai dan melakukan sesuatu…karena disitu kita akan banyak belajar…”kita berproses melalui keputusan kita”

    Sukses buat-mu terus ya pak…..

    Regards,

    Ratna

  3. Tuning permalink
    Mei 21, 2011 1:40 pm

    Assalamualaikum wr.wb., ijin share artikelnya ya Pak. Terima kasih banyak. Wassalamualaikum wr.wb.,

    [FS] OK…silahkan. Semoga bermanfaat

  4. Mei 31, 2011 11:33 pm

    Lagi-2 tentang pilihan, pak. Hanya akan merubah jalan hidup kita saja.
    http://jovanbayu.blogspot.com/2011/04/choices-pilihan.html

    [FS] Yup, betul. Saya sempat berkunjung ke blognya. Tampilannya bagus. Nice blog…

  5. Juli 1, 2011 3:39 pm

    kita hidup…..
    kita memilih….
    kita memutuskan….
    ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: