Skip to content

EFEK NUMPANG NGETOP

November 2, 2010
tags:

Bagi saya, blog ini adalah wadah untuk menampung tulisan-tulisan saya. Karena itulah saya tidak terlalu memperhatikan statistik dari blog ini. Apakah blog ini banyak dikunjungi atau tidak, tidaklah pernah merisaukan saya. Karena itulah saya tidak berminat membuat judul tulisan yang bombastis atau “memikat” hanya dengan tujuan menaikkan traffic sehingga banyak orang kesasar mampir di blog saya. Apalagi harus menggunakan jurus judul tulisan yang mengarah pada hal yang berbau “esek-esek” hanya sekedar untuk menaikkan traffic. Saya menulis karena saya suka menulis dan ingin berbagi saja. Kalau ada yang suka dan merasa tulisan saya bermanfaat, ya alhamdulillah. Tapi jika ada yang merasa sebaliknya, saya juga ndak apa-apa.

Ngomong-ngomong tentang menulis, saya merasa stimulasi tulisan saya dipengaruhi bacaan yang saya baca. Semakin banyak membaca, semakin mudah proses menulis. Saya juga percaya, tulisan saya langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh penulis-penulis favorit saya. Saya punya banyak penulis favorit. Dari kalangan pejabat dan akademisi, saya menyukai tulisan Hamid Awaludin, Eep Saefullah Fatah, dan Yusril Ihza Mahendra. Saya juga sangat enjoy jika membaca tulisan Hermawan Kartajaya, seorang edutainment yang mampu menulis dengan simple dan menyegarkan walau topik yang ia tulis cukup serius. Jika tulisan mengenai travelling dan gaya hidup, saya menyukai tulisan Trinity dan Samuel Mulia yang kolom Parodi-nya muncul setiap hari Minggu di Kompas. Saya juga suka tulisan Quraish Shihab yang menyejukkan atau tulisan Mustofa Bisri yang penuh kedalaman. Dari kalangan wartawan, saya suka tulisan lugas Wisnu Nugroho dan Rosihan Anwar.

Khusus untuk Rosihan Anwar, saya sungguh angkat topi untuk wartawan senior tiga zaman ini. Di umurnya yang sudah mendekati kepala sembilan, pikiran dan ingatannya luar biasa. Jika ia menulis tentang peristiwa sejarah, uraiannya runtun, urut, dan detail termasuk pada tanggal dan tahun yang masih diingat dengan baik olehnya. Apalagi jika ia menulis tulisan “in memoriam”. Konon, resep mengapa ia masih sehat dan tidak pikun di usianya sekarang karena ia rajin menulis. Menulis membuat otak berpikir dan terlatih sehingga tetap sehat. Maka jika sekarang ini saya menulis, selain sebagai pelepas stress, juga agar saya tidak cepat pikun. Amiin.

Kembali pada statistik dan traffic kunjungan blog ini, pada 1 Oktober kemarin, mau tidak mau, saya akhirnya harus perhatian juga pada traffic blog ini. Pada tanggal tersebut, traffic blog saya menjadi lebih tinggi dari biasanya. Usut punya usut, bukan karena blog saya ikutan menjadi sakti karena 1 Oktober itu hari Kesaktian Pancasila, tapi karena pada tanggal 1 Oktober itu tulisan saya Is London the Most Expensive City in the World? dimuat di blog Trinity, The Naked Traveler. Nggak tanggung- tanggung, traffic blog ini meningkat sampai 8 kali lipat traffic normalnya. Dahsyat juga pikir saya. Selanjutnya, setelah sebulan berlalu, walau traffic-nya menurun, traffic blog stabil di level 2 kali lipat daripada sebelum tulisan saya dimuat di blognya Trinity tersebut.

Ini mungkin yang disebut dari efek numpang ngetop. Ternyata numpang ngetop di blog ngetop yang diasuh oleh orang ngetop ada efeknya juga, blog saya juga ikutan “ngetop”! Sengaja saya beri tanda kutip agar anda cukup jeli untuk mengerti maksudnya.

 

Banyumanik, 31 Oktober 2010

2 Komentar leave one →
  1. November 9, 2010 12:21 am

    Ali bin Abi thalib ra, Muawiyah ra, ‘Ubai bin K’ab ra. dan Zaid bin Tsabit ra tulisannya yang dulu pada palepah kurma , daun lontar ,lempengan batu, kulit binatang masih ngetop sampai sekarang,

  2. Desember 30, 2010 2:37 pm

    salam blogging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: