Skip to content

GULA-GULA PUJIAN

April 5, 2010

Sekitar pertengahan bulan Agustus 2009, tepatnya 21 Agustus 2009, sebuah komentar mampir ke blog ini. Pengirimnya adalah Billy Boen. Billy Boen adalah pengarang buku Young on Top. Benarkah dari Billy Boen? Saya coba cek email address-nya. Setelah saya cocokkan dengan email address Billy Boen yang tertera di buku Young on Top, email address-nya sama. Isinya komentarnya adalah, I’m glad that you found it applicable. Thanks for all the compliments. GBU!” Komentar itu terkait dengan artikel berjudul DO YOU DO WHAT YOU LOVE? IF YOU DON’T, PLEASE LOVE WHAT YOU DO yang saya post di blog ini. Walaupun tetap dimungkinkan komentar tersebut ditulis oleh orang lain, mencoba berpikir positif, saya senang dengan komentar tersebut. Sebuah pujian yang menyenangkan.

Bicara tentang pujian, saya jadi teringat beberapa kejadian pada bulan Maret ini yang terkait dengan pujian. Mungkin karena Tuhan sayang sama saya, di bulan Maret ini saya mendapat beberapa compliment.

Pertengahan Maret 2010, di perusahaan tempat saya bekerja kedatangan petinggi dari kantor pusat di Amerika. Saat awal kedatangannya, saya kebetulan sedang mengimplementasi production line system di Departemen Assembly. Saat itu sebuah produk sedang dirakit di Departemen Assembly. Product category baru yang sebelumnya belum pernah dibuat di perusahaan saya. Hasilnya, tidak begitu baik. Terlalu banyak bottleneck dan prosesnya terlalu lama. Saya lalu melakukan evaluasi dan beberapa perbaikan. 1 minggu kemudian produk yang sama masuk lagi ke Departemen Assembly dan dirakit lagi dengan production line system. Hasilnya jauh lebih baik dan prosesnya jauh lebih cepat dari perakitan sebelumnya. Sehari sebelum petinggi tersebut kembali ke Amerika, ia datang khusus ke meja saya dan berkata, “I saw your production line system on shop floor. Your assembly process is much better than before. It’s very good implementation. Good job, Fadhly!” Mendapat pujian seperti ini, saya pastinya senang dan menjadi lebih termotivasi.

Selang 2 jam kemudian, giliran seorang expatriat lain menghampiri saya. Mengajak saya keliling pabrik berbicara berbagai hal terutama tentang hal terkait dengan produksi yang memang menjadi tanggung jawab utama saya. Ia mengkritisi dan memberi masukan tentang beberapa hal. Ia juga memuji beberapa implementasi sistem yang sudah berjalan. Tak lupa ia juga memuji production line system implementation di Departemen Assembly. Ia juga memuji sikap saya, “I am glad with your attitude where you response my words positively”. Sekitar 2 minggu sebelumnya, saya dan dia memang sempat berbicara serius dan terbuka dimana kami saling mengkritisi satu sama lain.

Beberapa hari lalu, si expatriat ini kembali mengapresiasi tentang sikap para karyawan di divisi yang saya pimpin. Ia bilang, dibanding dengan divisi lain, sikap kerja para karyawan di divisi saya is so good. Karyawan terlihat lebih terbuka terhadap peubahan yang positif. Ia juga memuji mentalitas dan kerjasama dari para karyawan di divisi saya. Saya senang mendengarnya dan mudah-mudahan ini adalah buah hasil dari improvement program yang telah berjalan dalam 2 tahun ini. Salah satunya adalah Article of This Week, yang kumpulan artikel tersebut akhirnya saya satukan dalam blog ini.

Pada dasarnya, manusia itu memang nggak suka dikritik tapi suka dipuji. Pujian dalam kadar yang berlebihan dan tidak proporsial bisa melenakan dan “membunuh”. Seperti gula, yang manisnya dapat dinikmati jika diberikan dalam takaran yang pas. Namun jika gula diberikan dalam takaran yang berlebihan, tidak hanya tidak dapat dinikmati namun bisa pula mendatangkan penyakit. Sama halnya dengan pujian yang jika diberikan dalam porsi yang pas dan waktu yang tepat, akan memberikan efek positif. Orang akan menjadi lebih termotivasi.

Beberapa kejadian saya ceritakan di atas sebenarnya merupakan otokritik buat saya sendiri. Sebagai pimpinan, saya merasa selama ini tidak terlalu bagus dalam hal ini. Ibarat menyajikan teh manis, semoga saya lebih mampu membuat teh manis dengan takaran gula yang pas yang bisa dinikmati oleh orang-orang di sekitar saya.

 

Banyumanik, 5 April 2010

One Comment leave one →
  1. Januari 10, 2011 12:38 pm

    wah bagus banget desain blognya om… sering sering sharing dong??? aku tunggu updatenya?

    [FS] thanks cantika. Blognya full of tatoo ya…..

Tinggalkan Balasan

