Skip to content

JALAN KE SURGA

Desember 19, 2009

“….I read your article in your blog and that’s all good…and it gives me an inspiration how to change my view of this life…” (inggris’e kacau balau)

Demikian bunyi salah satu pesan dari teman satu kelas semasa SMA di Yogya dulu yang ditulis lewat Facebook. Saya jadi turut senang sekaligus nggak enak hati. Senang karena ternyata blog ini bisa memberikan sesuatu buat orang lain. Nggak enak hati karena sudah hampir 4 bulan ini saya tidak menulis dan meng-update blog sederhana ini. Kesibukan tugas dan kerja di kantor membuat kegiatan menulis ini terbengkalai.

Artikel-artikel di blog ini berawal dari program kerja saya di 7 departemen produksi yang saya pimpin. Tidak semua karyawan di departemen produksi tersebut terdidik karena latar belakang pendidikan mereka beragam dan khusus untuk operator produksi umumnya adalah SLTA. Sebagai pimpinan, saya merasa punya tanggung jawab moral untuk meningkatkan kualitas SDM di departemen yang saya pimpin. Di sisi lain, ada keraguan dari saya tentang bagaimana para karyawan itu menambah wawasan dan pengetahuannya. Saya tidak yakin kalau mereka rajin membaca buku atau majalah. Saya juga tidak yakin kalau mereka membeli buku secara reguler. Apalagi berkeyakinan kalau mereka pergi ke perpustakaan sesekali. Untuk itu perlu adanya mekanisme yang membuat para karyawan ini membaca atau mendengar untuk menambah wawasan mereka.

Karena itulah saya membuat satu artikel setiap minggunya. Program ini disebut “Article of This Week”. Artikel saya kirim lewat email setiap Rabu dan pada Kamis pagi artikel tersebut dibacakan di depan semua operator saat briefing pagi sebelum bekerja. Panjang artikel sengaja ditulis maksimal 1.5 halaman karena lebih dari 1.5 halaman orang malas membacanya. Dalam perkembangannya, artikel ini juga di-print untuk diberikan kepada Supervisor yang tidak mempunyai email address dan juga ditempelkan di seluruh departemen di divisi saya.

Setelah beberapa bulan, artikel yang terkirim bertambah banyak jumlahnya. Lalu saya terpikir, mungkin ada baiknya kalau artikel ini juga bisa dibaca oleh orang lain selain para karyawan departemen saya. Akhirnya, kumpulan artikel-artikel itu saya masukkan dalam blog ini dengan harapan mudah-mudahan ada manfaatnya bagi orang lain. Seorang teman sempat mengirim email setelah membaca blog saya, “Emang kamu mau jadi Mario Teguh ya, Fad?” Lalu saya jawab, “Nggak ada keinginan jadi Mario Teguh tapi cuma pengin masuk surga aja.”

Sebagai manusia, saya merasa punya banyak salah, baik sama Tuhan, apalagi sama manusia. Kata Pak Kiai, jika kesalahan tambah banyak hubungannya dengan dosa. Jika mikirin dosa, maka terbayang segala hal yang sudah dilakukan seumur hidup ini. Mulai dosa kepada orang tua, adik, saudara atau kerabat. Ditambah lagi dosa kepada istri dan anak karena mungkin waktu saya lebih banyak untuk kantor daripada untuk keluarga. Harus absen lihat si kecil nampil karena kerjaan. Batalin janji jalan-jalan bareng si kecil dan istri lagi-lagi karena alasan kantor. Juga dosa kepada rekan kerja, atasan, atau bawahan yang mungkin tersinggung karena saya marahin. Dan tentu saja dosa kepada Tuhan karena lebih banyak mikirin kerja daripada mikirin Tuhan dan agama. Deretan dosa ini masih lebih panjang jika dibeberkan satu-satu.

Padahal saya ingin masuk surga karena saya sadar umur tidak ada yang tahu dan kapan ajal akan menjemput. Bisa besok, lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, tahun 2012, atau 2075 (genap 100 tahun jika saya meninggal di tahun ini). Yang jelas “kullu nafsin dzaikatul maut”. Setiap insan pasti mati! Tidak tahu juga dengan cara bagaimana kita meninggal. Dalam tidur, karena tua, sakit, kecelakaan, dibunuh, kepeleset kulit pisang, wallaahualam bi shawab!

Karenanya, mudah-mudahan blog ini bisa menjadi ladang amal buat saya. Jika seseorang meninggal masih ada 3 pahala yang terus mengalir kepadanya; sadaqah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shaleh. Jika ada sedikit manfaat (ilmu) dari isi blog ini bagi para orang yang membacanya, mudah-mudahan itu bisa menambah tabungan pahala saya. Jika blog ini masih dibaca dan memberikan manfaat walaupun saya sudah meninggal, mudah-mudahan pahala tersebut bisa memberi jalan bagi saya ke surga.

Selamat tahun baru Hijriah, semoga kita mampu berhijrah untuk menjadi lebik baik.

 

Banyumanik, 1 Muharram 1431 H/18 Desember 2009

4 Komentar leave one →
  1. muji rahayu permalink
    Desember 20, 2009 5:21 pm

    Thank’s…Fad
    udah muncul lagi Articlenya
    Moga-moga Article ini salah satu tabungan Boss untuk menuju ke Surga…Amin

  2. Rawit Purnamasari permalink
    Desember 21, 2009 8:12 am

    Amin…thank u so much Fadly..for sharing me your articles…it’s always a pleasure for me having u as my friend…
    Dan semoga cita2 tertinggi umat muslim seluruh dunia untuk masuk jannati diijabah oleh Allah SWT…
    I was so suprised that u use my words for the beginning of your latest article…

    Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1431 H..Semoga kita bisa kembali berhijrah ke jalan yang lurus menuju ridho Allah SWT..amin

  3. Maret 2, 2010 5:40 pm

    Semoga dikabulkan Mas.

    • Fadhly Syofian permalink*
      Maret 2, 2010 8:19 pm

      thanks Ribby atas doanya
      salam kenal

Tinggalkan Balasan

