Skip to content

TIDAK ADA PILIHAN!

Agustus 13, 2008

cortes-hernando-loc1Jika Christopher Columbus dikenal sebagai penemu benua Amerika. Lalu Ferdinand de Magellan dianggap sebagai The Founding of Cebu (pendiri kota Cebu, Phillipina), maka ada nama lain yang mungkin namanya tidak begitu familiar oleh beberapa orang. Ia adalah Hernan Cortez. Siapakah Hernan Cortez? Dalam sejarah, Hernan Cortez dikenal sebagai penemu negara Mexico, sebuah negara yang terletak di benua Amerika. Di Amerika Tengah tepatnya. Ada cerita menarik yang bermanfaat bagi kita semua dari petualangan Hernan Cortez.

Seperti halnya petualang lainnya, Cortez dan para pengikutnya mengarungi lautan, berlayar dengan kapal sampai akhirnya ia dan pengikutnya mendarat di daratan yang akhirnya dikenal dengan nama Mexico. Cortez mendirikan kemah dan mengadakan hubungan dengan suku setempat, suku Aztec. Dari situ pula ia mendengar cerita-cerita berbau mistis yang melingkupi kehidupan suku Aztec. Begitu sangarnya cerita itu sehingga hal itu merupakan sebuah teror yang menyeramkan bagi Cortez dan pengikutnya. Daratan yang merupakan daerah kekuasan Kerajaan Aztec merupakan daerah yang kaya akan tambang emas dan hal inilah yang membuat Cortez terpikat. Cortez tak puas hanya singgah, melakukan barter, dan mendapatkan emas, namun ia juga ingin menguasai daerah itu.

Cortez lalu melakukan perhitungan mengenai kekuatan pasukan yang ia miliki. Dengan cepat ia tahu bahwa pasukannya unggul dalam hal jumlah, 100 berbanding 1. Artinya, Cortez punya jumlah pasukan 100 kali lebih banyak dari pasukan Aztec. Seharusnya ini menjadi modal untuk menyerang Aztec. Tapi kondisi yang dihadapi malah sebaliknya. Pasukan Cortez menghadapi masalah motivasi. Bagi pasukan Cortez mendapatkan sedikit emas sudah cukup bagi mereka. Ditambah lagi begitu seramnya cerita mistis dalam masyarakat Aztec cukup melunturkan mental pasukan Cortez. Selain itu bagi suku Aztec, peperangan bukanlah hal yang menakutkan karena menurut keyakinannya kematian dalam perang merupakan jalan menuju kemuliaan. Sebuah keyakinan yang makin menciutkan mental pasukan Cortez.

Namun Hernan Cortez bukanlah pemimpin yang gampang menyerah. Akan lebih mudah baginya untuk menuruti keinginan pasukannya, membawa emas, dan meninggalkan daratan Mexico tanpa harus mengambil resiko untuk berperang. Namun Cortez punya ambisi untuk menguasai Mexico dan sebagai pemimpin ia berani mengambil resiko. Maka Cortez pun mencari cara untuk membangkitkan mental para pasukannya. Bersama para pengikutnya yang setia, di tengah malam ia secara sembunyi-sembunyi menuju kapal mereka. Cortez melakukan tindakan yang sama sekali tak pernah terpikirkan oleh pasukannya. Dengan perhitungan cermat Cortez membuat keputusan. Cortez membakar kapal! Melihat api yang berkobar-kobar membakar kapal, para pasukannya kaget luar biasa. Satu-satunya alat transportasi yang akan membawa mereka meninggalkan daratan telah musnah hangus terbakar. Tak ada lagi harapan bagi pasukan untuk meninggalkan daratan. Saat itulah Cortez tampil di depan para pasukannya lalu berteriak lantang untuk memilih berperang untuk menang atau mati sia-sia! Tidak ada pilihan lain! Teriakan ini membakar semangat para pasukannya yang memang tidak mempunyai pilihan lain selain berperang! Semangat inilah yang akhirnya membuat Cortez dan pasukannya tercatat dalam sejarah sebagai penakluk Mexico dan menguasai seluruh daratan yang kaya dengan limpahan emas.

Cerita heroic Cortez mengajarkan kita bahwa pemimpin harus punya visi, misi, pantang menyerah, dan berani ambil resiko. Hal yang tak kalah penting adalah membangun motivasi! Terlalu banyak pilihan dan keinginan, merupakan hambatan dalam mencapai tujuan. Dalam situasi tertentu, pemimpin harus menciptakan 2 pilihan ekstrim untuk membangun motivasi. Seperti semboyan para pejuang kita “merdeka atau mati”. Kenyataannya kita akhirnya menjadi Negara merdeka. Kita juga pasti ingat semboyan lainnya, “bersatu kita teguh, bercerai kita rubuh”. Rakyat Indonesia memilih bersatu melawan penjajah. Saya kira kita juga bisa meniru Cortez. Para pemimpin di tiap departemen perlu membuat semboyan “100% target atau bonus akan melayang!”

 Tanjung Emas, 6 Agustus 2008

Sent: Thursday, August 07, 2008 7:54 AM

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: